Desain dan Pengendalain Organisasi Internasional
Tugas
ini disusun untuk mata kuliah : Bisnis Internasional
Dosen
Pengampu : Prof. Dr. Hapzi Ali, Ir, CMA, MM, MPM

Disusun Oleh :
SEFTYA
APRIYANI 43117010395
FAKULTAS
EKONOMI & BISNIS
JURUSAN MANAJEMEN
JURUSAN MANAJEMEN
UNIVERSITAS MERCU BUANA
JAKARTA
2019
JAKARTA
2019
Desain
organisasi merupakan pola keseluruhan dari komponen struktural dan konfigurasi
yang digunakan untuk mengelola keseluruhan organisasi. Desain yang paling
sesuai dari suatu organisasi tergantung pada beberapa faktor. Para manajer juga
menyadari bahwa desain organisasi merupakan suatu proses yang evolusioner.
Ketika suatu perusahaan pertama kali mulai beroperasi secara internasional,
mereka biasanya harus mengubah desainnya dalam satu cara atau lebih. Perubahan
tersebut dapat melibatkan pendekatan wajar, kemudian menciptakan sebuah divisi
internasional.
Setelah
sebuah perusahaan telah menetapkan sebuah eksistensi internasional yang signifikan, mereka biasanya akan
mengembangkan suatu desain organisasi global. Pendekatan yang paling umum untuk
desain organisasi global adalah desain produk global, desain area global,
desain fungsional global, desain pelanggan global, serta desain matriks global.
Masing-masing pendekatan tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri
dan satu pendekatan dapat lebih sesuai untuk beberapa perusahaan dibandingkan
yang lainnya. Tentu saja, banyak perusahaan yang sebenarnya menggunakan desain
global hybrid yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.
Sejumlah
MNC juga harus membuat keputusan lain terkait desain organisasi. Keputusan
paling penting adalah yang terkait dengan sentralisasi versus desentralisasi,
peran dari dewan direksi anak perusahaan serta mekanisme koordinasi mana yang
akan digunakan. Jaringan manajemen informal merupakan mekanisme yang sangat
berguna untuk koordinasi.
Pengendalian
merupakan proses mengawasi dan mengatur aktivitas dari suatu perusahaan
sehingga komponen yang ditargetkan dari kinerja tercapai dan terpelihara. Bagi
suatu MNC, pengendalian harus dikelola baik pada level perusahaan maupun pada
masing-masing anak perusahaan. Sebagian besar MNC biasanya menetapkan
pengendalian pada tiga level. Pengendalian strategis mengawasi seberapa baik
suatu perusahaan internasional merumuskan strategi dan mencoba
mengimplementasikannya. Pengendalian keuangan merupakan area khusus yang
penting dari pengendalian strategis dalam bisnis internasional karena
pengendalian keuangan yang buruk dapat melemahkan kemampuan suatu perusahaan
untuk bersaing secara global. Pengendalian organisasi melibatkan desain dari
perusahaan. Ketiga bentuk dasar dari pengendalian organisasi adalah
pengendalian pusat pertanggungjawaban, pengendalian strategis generik, dan
pengendalian proses perencanaan. Pengendalian operasi secara khusus berfokus
pada prosedur dan sistem informasi dalam perusahaan.
Ketika
perusahaan internasional menetapkan sistem pengendalian, pertama mereka
menetapkan standar pengendalian , kemudian mengukur kinerja aktual. Selanjutnya
mereka membandingkan kinerja terhadap standar dan menanggapi penyimpangan.
Teknik-teknik pengendalian dasar meliputi sistem akuntansi, prosedur dan rasio
kinerja. Para manajer internasional juga perlu memahami aspek perilaku dari
pengendalian, seperti mengapa orang menolak pengendalian dan bagaimana
mengatasi penolakan tersebut. Faktor-faktor budaya merupakan unsur yang penting
dalam menghadapi aspek perilaku dari pengendalian.
IMPLEMENTASI PADA SUATU PERUSAHAAN
MNC (Multinational Corporation)
Bentuk
desain organisasi perusahaan MNC adalah
desain (struktur) produk global (global product dessign). Dalam bentuk ini
merancang tanggung jawab global untuk produk tertentu atau kelompok produk tertentu ke dalam suatu
divisi operasi produk tertentu. Desain
ini cocok bagi perusahaan MNC yang mempunyai beragam produk yang berbeda atau
bila lini produk-produk tersebut dijual dalam pasar-pasar asing yang berbeda.
Koordinasi antar lini produk tidak begitu penting.
Bila
produk –produk saling terkait, maka perusahaan mengambil bentuk M-form design
(desain bentuk M, dimana M adalah Multidivisional), tetapi bila produk tidak
saling terkait, maka desain disebut H-form design (desain bentuk H, dimana H
adalah holding ). Dalam suatu perusahaan holding berbagai aktivitas fungsi
bisnis yang tidak terkait dalam bisnis yang atonomi dan sedikit saling
ketergantungan. Contoh, Perusahaan Unilever menggunakan bentuk M
(multidivisional).
Perusahaan
Shougang Corp salah satu BUMN terbesar Cina
menggunakan bentuk H (holding). Selama 20 tahun perusahaan Cina ini
menggunakan strategi diversifikasi tidak terkait, lihat Contoh desain produk
global Shougang Corp.
DAFTAR PUSTAKA
Rachmawati. DESAIN DAN
PENGENDALIAN ORGANISASI INTERNASIONAL. http://rachmawatituss.blogspot.com/2016/02/desain-dan-pengendalian-organisasi.html
. 12 Februari 2016.
Deki Firmansyah. Desain
Organisasi Dalam Bisnis Internasional. https://www.academia.edu/9104900/modul_jilid_2?auto=download
Tidak ada komentar:
Posting Komentar