Kekuatan
Kompetitif Sumber Daya Alam dan Kesinambungan Lingkungan
Tugas
ini disusun untuk mata kuliah : Bisnis Internasional
Dosen
Pengampu : Prof. Dr. Hapzi Ali, Ir, CMA, MM, MPM

Disusun Oleh :
SEFTYA
APRIYANI 43117010395
FAKULTAS
EKONOMI & BISNIS
JURUSAN MANAJEMEN
JURUSAN MANAJEMEN
UNIVERSITAS MERCU BUANA
JAKARTA
2019
JAKARTA
2019
Untuk
membangun dan menjalankan bisnis, para manajer harus menyesuaikan strategi
mereka untuk mengkompensasikan perbedaan-perbedaan di antara pasar-pasar dengan
kekuatan fisiknya/geografinya.
I.
Pertimbangan dasar dalam sumber
daya alam
1.
Lokasi
Dimana suatu negara
berada, siapa negara tetangganya, dimana letak ibukota, semua itu akan menjadi
pertimbangan bisnis.
Lokasi penting karena
merupakan faktor untuk menerangkan politik dan hubungan perdagangan sebuah
bangsa, banyak diantaranya yang secara langsung mempengaruhi operasi
perusahaan.
Hubungan politik
lokasi Austria pada masa perang dingin
memungkinkan negeri itu menjadi jembatan politik antara bangsa-bangsa
nonkomunis dengan bangsa-bangsa komunis di Timur. Australia mengambil
keuntungan dari lokasinya untuk (1) meningkatkan perdanganan dengan Eropa Timur
(2) menjadi perantara keuangan utama antar kedua kawasan (3) memperkuat
peranannya sebagai kantor pusat regional bagi operasi bisnis internasional di
Eropa Timur.
Hubungan Perdagangan
Kedekatan geografis sering kali
merupakan alasan pokok terjadinya perdagangan antar bangsa-bangsa. Kedekatan
geografis selalu merupakan faktor utama dalam pembentukan kelompok dagang,
seperti Uni Eropa, AFTA, dan NAFTA.
2.
TOPOGRAFI
Topografi adalah fitur
permukaan tanah dari suatu wilayah. Perbedaan-perbedaan dalam topografi mungkin
mengharuskan suatu produk untuk diubah.
Pegunungan, Gurun Pasir dan Hutan Tropis merupakan
hambatan yang cenderung memisahkan dan menghalangi pertukaran dan interaksi
sehinggamemisahkan pasar, meningkatkan biaya transportasi.
Perairan
Namun ada topografi yang membawa dampak
positif yaitu sungai/kanal air yang memfasilitasi kegiatan transportasi.
3.
IKLIM
Iklim merupakan
kondisi-kondisi metereologis termasuk suhu udara, hujan/salju, dan angin yang
terdapat di suatu wilayah.
Implikasi Iklim Bagi Para Pelaku Bisnis
Iklim dapat mempengaruhi bauran
pemasaran. Contoh produk garmen: baju winter, summer. AC dll.
Maka perusahaan harus memproduksi dan
menyimpan dua atau lebih versi yang berbeda untuk memenuhi seluruh pasar.
II.
Jenis Sumber Daya Alam
Beberapa
jenis sumber daya alam yang penting bagi para pelaku bisnis adalah energi dan
mineral-mineral nonbahan bakar, yakni :
1.
Energi minyak bumi
2.
Sumber konvensional, perkiraan cadangan
berubah karena:
a.
Penemuan baru
b.
Pemerintah membuka eksplorasi dan
produksi
c.
Teknik baru
d.
Peralatan otomatis yang lebih murah dan
menurunkan biaya
3.
Sumber inkonvensional
a.
Pasir minyak
b.
Serpih minyak
c.
Gas alam
d.
Batubara
4.
Tenaga Nuklir
Tenaga nuklir,
diprediksi akan ditinggalkan karena limbahnya menimbulkan persoalan polusi.
III.
Sumber-sumber Energi Yang Dapat
Diperbarui
Sumber energi yang dapat diperbarui akan menggantikan
bahan bakar fosil. Sekurang-kurangnya ada 8 jenis : hidroelektrik, matahari,
angin, panas bumi, arus pasang, biomass, dan konversi energi termal lautan.
Mineral
non bahan bakar
Mangan, platina, vanadium
Relevansi Bagi pelaku
Bisnis
Adalah
penting bagi para manajer perusahaan untuk memahami dampak bencana industri,
seperti limpahan minyak Alaska, dan kecelakaan Bhopal, atas
perusahaan-perusahaan global dan multi nasional.
Kesinambungan
Lingkungan
Komitmen
bisnis untuk beroperasi tanpa mengurangi kapasitas lingkungan untuk beroperasi
tanpa mengurangi kapasitas lingkungan untuk diwariskan kepada generasi
mendatang.
Bidang-bidang
kesinambungan lingkungan dalam bisnis, yakni:
-bahan bakar
alternatif
-pemeliharaan kantor
-perbaikan daerah
industri
-pencegahan polusi
(daerah yang
terkontaminasi)
-investasi sosial
-Akuntabilitas
perusahaan -teknologi
berkesinambungan
-pengembangan
ekologi
-alternatif transportasi
-ekoturisme
-pengurangan limbah
-konservasi
energi -konservasi
air
-desain bangunan ramah
lingkungan
IMPLEMENTASI PADA SUATU PERUSAHAAN
Kelompok usaha Danone di
Indonesia yang terdiri dari divisi Early Life Nutrition (Nutricia dan
Sarihusada) maupun Divisi bisnis minuman (Danone-AQUA) terus melanjutkan fokus
kegiatan pada kesinambungan bisnis dan sosial melalui beragam inisiatif. Corporate
Communication Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin menjelaskan, Divisi
Danone Early Life Nutrition awal tahun ini sukses meluncurkan produk susu
pertumbuhan dalam kemasan yang siap minum dengan merek SGM Aktif dan Bebelac
Go.
"Tahun ini juga, Danone-AQUA
meluncurkan teh siap saji merek Caaya,” kata Arif kepada wartawan di sela-sela
buka puasa bersama di Jakarta, Jumat (1/6).
Menurutnya, selain
meluncurkan produk baru, Danone juga melakukan inovasi beberapa fasilitas
produksi baik di Nutricia Sarihusada maupun AQUA yang bertujuan untuk mendukung
kualitas produk, inovasi, maupun kegiatan usaha yang ramah lingkungan.(Bilal,
2018)
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar