Minggu, 07 Juli 2019

BI, Seftya Apriyani, Hapzi Ali, Kekuatan Kompetitif Sumber Daya Alam dan Kesinambungan Lingkungan, Universitas Mercu Buana, 2019

Kekuatan Kompetitif Sumber Daya Alam dan Kesinambungan Lingkungan

Tugas ini disusun untuk mata kuliah : Bisnis Internasional
Dosen Pengampu : Prof. Dr. Hapzi Ali, Ir, CMA, MM, MPM

Disusun Oleh :
SEFTYA APRIYANI                        43117010395

FAKULTAS EKONOMI & BISNIS
JURUSAN MANAJEMEN

UNIVERSITAS MERCU BUANA
JAKARTA
2019
Untuk membangun dan menjalankan bisnis, para manajer harus menyesuaikan strategi mereka untuk mengkompensasikan perbedaan-perbedaan di antara pasar-pasar dengan kekuatan fisiknya/geografinya.

       I.            Pertimbangan dasar dalam sumber daya alam
1.     Lokasi
Dimana suatu negara berada, siapa negara tetangganya, dimana letak ibukota, semua itu akan menjadi pertimbangan bisnis.
Lokasi penting karena merupakan faktor untuk menerangkan politik dan hubungan perdagangan sebuah bangsa, banyak diantaranya yang secara langsung mempengaruhi operasi perusahaan.
Hubungan politik
lokasi Austria pada masa perang dingin memungkinkan negeri itu menjadi jembatan politik antara bangsa-bangsa nonkomunis dengan bangsa-bangsa komunis di Timur. Australia mengambil keuntungan dari lokasinya untuk (1) meningkatkan perdanganan dengan Eropa Timur (2) menjadi perantara keuangan utama antar kedua kawasan (3) memperkuat peranannya sebagai kantor pusat regional bagi operasi bisnis internasional di Eropa Timur.
Hubungan Perdagangan
Kedekatan geografis sering kali merupakan alasan pokok terjadinya perdagangan antar bangsa-bangsa. Kedekatan geografis selalu merupakan faktor utama dalam pembentukan kelompok dagang, seperti Uni Eropa, AFTA, dan NAFTA.
2.     TOPOGRAFI
Topografi adalah fitur permukaan tanah dari suatu wilayah. Perbedaan-perbedaan dalam topografi mungkin mengharuskan suatu produk untuk diubah.
Pegunungan, Gurun Pasir dan Hutan Tropis merupakan hambatan yang cenderung memisahkan dan menghalangi pertukaran dan interaksi sehinggamemisahkan pasar, meningkatkan biaya transportasi.
Perairan
Namun ada topografi yang membawa dampak positif yaitu sungai/kanal air yang memfasilitasi kegiatan transportasi.
3.     IKLIM
Iklim merupakan kondisi-kondisi metereologis termasuk suhu udara, hujan/salju, dan angin yang terdapat di suatu wilayah.
Implikasi Iklim Bagi Para Pelaku Bisnis
Iklim dapat mempengaruhi bauran pemasaran. Contoh produk garmen: baju winter, summer. AC dll.
Maka perusahaan harus memproduksi dan menyimpan dua atau lebih versi yang berbeda untuk memenuhi seluruh pasar.

   II.            Jenis  Sumber Daya Alam
Beberapa jenis sumber daya alam yang penting bagi para pelaku bisnis adalah energi dan mineral-mineral nonbahan bakar, yakni :
1.     Energi minyak bumi
2.     Sumber konvensional, perkiraan cadangan berubah karena:
a.     Penemuan baru
b.     Pemerintah membuka eksplorasi dan produksi
c.     Teknik baru
d.     Peralatan otomatis yang lebih murah dan menurunkan biaya
3.     Sumber inkonvensional
a.     Pasir minyak
b.     Serpih minyak
c.     Gas alam
d.     Batubara
4.     Tenaga Nuklir
Tenaga nuklir, diprediksi akan ditinggalkan karena limbahnya menimbulkan persoalan polusi.

III.            Sumber-sumber Energi Yang Dapat Diperbarui
Sumber energi yang dapat diperbarui akan menggantikan bahan bakar fosil. Sekurang-kurangnya ada 8 jenis : hidroelektrik, matahari, angin, panas bumi, arus pasang, biomass, dan konversi energi termal lautan.
Mineral non bahan bakar
Mangan, platina, vanadium
Relevansi Bagi pelaku Bisnis
Adalah penting bagi para manajer perusahaan untuk memahami dampak bencana industri, seperti limpahan minyak Alaska, dan kecelakaan Bhopal, atas perusahaan-perusahaan global dan multi nasional.
Kesinambungan Lingkungan
Komitmen bisnis untuk beroperasi tanpa mengurangi kapasitas lingkungan untuk beroperasi tanpa mengurangi kapasitas lingkungan untuk diwariskan kepada generasi mendatang.
Bidang-bidang kesinambungan lingkungan dalam bisnis,  yakni:
-bahan bakar alternatif                            -pemeliharaan kantor
-perbaikan daerah industri                     -pencegahan polusi
 (daerah yang terkontaminasi)               -investasi sosial
-Akuntabilitas perusahaan                     -teknologi berkesinambungan
-pengembangan ekologi                        -alternatif transportasi
-ekoturisme                                            -pengurangan limbah
-konservasi energi                                  -konservasi air
-desain bangunan ramah lingkungan



IMPLEMENTASI PADA SUATU PERUSAHAAN

Kelompok usaha Danone di Indonesia yang terdiri dari divisi Early Life Nutrition (Nutricia dan Sarihusada) maupun Divisi bisnis minuman (Danone-AQUA) terus melanjutkan fokus kegiatan pada kesinambungan bisnis dan sosial melalui beragam inisiatif. Corporate Communication Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin menjelaskan, Divisi Danone Early Life Nutrition awal tahun ini sukses meluncurkan produk susu pertumbuhan dalam kemasan yang siap minum dengan merek SGM Aktif dan Bebelac Go.
"Tahun ini juga, Danone-AQUA meluncurkan teh siap saji merek Caaya,” kata Arif kepada wartawan di sela-sela buka puasa bersama di Jakarta, Jumat (1/6).
Menurutnya, selain meluncurkan produk baru, Danone juga melakukan inovasi beberapa fasilitas produksi baik di Nutricia Sarihusada maupun AQUA yang bertujuan untuk mendukung kualitas produk, inovasi, maupun kegiatan usaha yang ramah lingkungan.(Bilal, 2018)




DAFTAR PUSTAKA

Belajar Ekonomi, Kekuatan Sumber Daya Alam dan Kesinambungan Lingkungan dalam Bisnis Internasional, http://ekonomikeseluruhan.blogspot.com/2014/10/kekuatan-sumber-daya-alam-dan.html , 26 Oktober 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar